Thursday, January 8, 2009

TRUE TYPE FONT, OPEN TYPE & POSTSCRIPT....

Kita designer selalu bicara soal fonts....berikut sedikit penjelasan mengenai true type font, open type dan postscript font.....

true type font>>
TRUE TYPE pada awalnya adalah jenis font yang diciptakan oleh Apple pada akhir tahun 1980 dan pada awalnya tentu hanya dapat digunakan di Apple Computer. Sejalan perkembangannya, Apple kemudian memberikan lisensi True Type ini kepada Microsoft. Langkah ini sebenarnya hanyalah taktik marketing dari Apple untuk menjauhkan diri dari pesaing utama mereka yaitu Adobe , yang memproduksi ‘Type 1 Font’.
Microsoft kemudian mulai menggunakan True Type Font ini pada tahun 1991 dalam sistem operasi mereka yang baru yaitu Windows 3.1. Sekarang format True Type Font ini adalah format yang paling sering digunakan untuk MAC OS dan Windows.

open type>>
Format OPEN TYPE ini pada awalnya adalah dikembangkan oleh Microsoft yang kemudian mengalami perkembangan yang pesat dengan bergabungnya Adobe System. Format ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan hanya dalam 5 tahun, mengalami peningkatan yang sangat pesat dalam penggunaannya hampir di seluruh dunia.

post script>>
Format post script ini dikembangkan oleh Adobe dan khusus digunakan untuk keperluan ‘professional printing’….:)
Wah, hebat ya……, tapi sebagai produsen utama software software disain grafis, rasanya sah-sah saja jika Adobe membuat sebuah pernyataan seperti itu, (hehehe….).

Jadi kesimpulannya adalah:
TRUE TYPE FONT ternyata pada awalnya adalah kepunyaan APPLE, sedangkan
OPEN TYPE , adalah ‘kepunyaan’ MICROSOFT.
Dan terakhir ‘POST SCRIPT’ ternyata dikembangkan oleh ADOBE.
Jadi semua ternyata hanyalah “MERK DAGANG” saja ya…..
Hebat…….

(Wikipedia)

No comments: